Pada Rabu 29 Mei 2024) mahasantriwati angkatan III melakukan ujian akhir cooking class. Mahasantriwati mempersiapkan UAS cooking class ini hanya tiga hari lamanya dengan menu makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya. Belum lagi, ujian ini diadakan secara mendadak dikarenakan beberapa hal. Cukup membuat mahasantriwati kaget, namun bagaimanapun harus tetap dilewati sembari berdoa memohon kemudahan pada Sang Ilahi. 

 

Tepat pada pukul 05.30 WIB saat langit masih gelap, seluruh mahasantriwati angkatan III berkumpul di depan asrama untuk menunggu taksi online yang telah dipesan untuk mengantarkan mahasantriwati menuju Galeri Namuri Culinary milik Chef Lisa. Tak menunggu lama, taksi online pun menghampiri mahasantriwati. Mereka pun menaikinya sembari membawa banyak sekali bahan-bahan dan kebutuhan lainnya untuk memasak menu ujian dengan tema Japanese food dan Italian food yang telah dipersiapkan sebelumnya. 

 

Pada pukul 06.15 WIB, mahasantriwati mulai memasuki galeri untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan saat memasak serta menata bahan-bahan yang telah dibawa, sehingga memudahkan proses memasak nantinya. Chef Lisa pun menyapa mahasantriwati, yang dilanjutkan pembuka dan do'a. Lalu, Chef Lisa pun mempersilahkan mahasantriwati untuk mulai memasak sesuai bagiannya.  

 

Di mana mahasantriwati dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok bertema Japanese food dan satu lagi bertema Italian food. Satu dua menit pun berganti. Satu dua step memasak pun terlalui dengan berbagai raut wajah yang menggambarkan perasaan yang tengah menghampiri setiap Mahasantriwati. Mulai dari salah takaran bahan yang mengharuskan untuk mengulang dari awal pembuatan sampai cara membersihkan saluran wastafel yang tersumbat. 

 

Banyak sekali pengalaman yang didapatkan mahasantriwati kali ini. Chef Lisa menyampaikan, “Menjadi chef itu harus tahu banyak hal. Tidak ada yang namanya jijik, tidak ada sedikit pun dari sudut dapur yang luput dari mata seorang chef (menjadi seorang yang handal haruslah tau segala hal)”. 

 

Tak terasa, jarum jam menunjukkan angka 09.30 WIB dimana mahasantriwati mempersiapkan plating untuk nantinya dihidangkan kepada para ustaz, ustazah, dan chef. Kurang lebih mahasantriwati mempersiapkan 20 piring dari setiap menu makanan. Mulai dari appetizer, main course, dessert, serta minuman. Adapun kelompok Italian food menghidangkan beberapa menu diantaranya bruschetta, spaghetti bolognese, pannacotta, dan lemonade. Sedangkan kelompok Japanese food menghidangkan menu diantaranya gyoza, chicken katsu saus teriyaki, mochi, dan banana tokyo. 

 

Tepat pada pukul 10.00 WIB, Chef Lisa mempersilahkan setiap ketua kelompok untuk mempresentasikan hasil masakannya. Dan tak lama, minuman dan appetizer pun dihidangkan untuk dinikmati para juri. Dilanjutkan main course dan dessert secara bertahap. 

 

Pada pukul 12.15 WIB adalah sesi paling menegangkan bagi mahasantriwati. Sebab sesi ini adalah sesi penyampaian koreksi oleh Ustaz Fatih Karim dan Ummu Sajjad. Banyak sekali keharuan yang tergores dalam raut wajah mahasantriwati, sekaligus senyum bahagia seolah tak menyangka dapat menyelesaikan UAS ini dengan maksimal usaha yang telah dikerahkan. Mengingat untuk menyiapkan UAS ini, mahasantriwati hanya diberikan waktu tiga hari untuk menentukan menu dengan tema yang telah ditentukan, presentasi didepan Chef apa yang harus dimasak dan bagaimana cara memasaknya, serta mempersiapkan bahan-bahan sendiri dengan nama-nama nya yang cukup asing ditelinga mahasantriwati. Namun bersyukur pada Allah, akhirnya mahasantriwati mampu menyelesaikan UAS ini dengan maksimal.  

 

Pada pukul 15.00 WIB mahasantriwati pun berpamitan untuk pulang. Mengingat, UAS ini adalah momen terakhir berada di Galeri Namuri Culinary milik Chef Lisa. Terlihat wajah wajah yang sedih sebab entah kapan lagi dapat bersua kembali serta mengambil ilmu secara langsung dengan Chef Lisa, Chef Mila, dan Chef Nina. 

Semoga apa yang telah mahasantriwati dapatkan selama ini dapat bermanfaat kedepannya. Semoga keikhlasan dan kesabaran semuanya terbayarkan oleh pahala-Nya yang tak terhingga. Semoga Allah senantiasa jaga semua.. Aamiin! 

 

Update Terkait