Kali ini, Tim Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) melanjutkan kembali perjalanannya di pulau Jawa, tepatnya di daerah Malang dan Surabaya - Jawa Timur. Tim yang terlibat diperjalanan kali ini, yaitu: Kang Baharudin, Master trainer Ustaz Asep Setiaji, PIC Acara Kang Zaenudin, Tim dokumentasi Kang Zulhadi dan driver Kang Jejen. Tim berangkat dari Bogor, pada Jumat dini hari (9 Agustus 2024), sekitar pukul 03:00 WIB. Perjalanan dari Bogor menuju Kota Malang sekitar 12 jam, dan Tim pun tiba di Kota Malang sekitar pukul 16:30 WIB. 

 
Esok harinya pada Sabtu, 10 Agustus 2024, Tim menggelar kelas di Desa Arjosari dengan durasi perjalanan sekitar dua jam menuju lokasi kelas. Ruangan yang tim pakai dihari pertama adalah TPQ Nur Hudi, Dusun Kedung Waru, Desa Arjosari, Kecamatan Kalipare - Kabupaten Malang. Hadir sekitar 23 peserta di kelas itu, semua yang hadir adalah ibu-ibu rumah tangga dan juga petani/peternak yang biasanya ke ladang, tapi saat itu mereka lebih memilih untuk bisa hadir di acara IBBQ untuk belajar membaca Al Quran sampai akhir. 

 

Di hari kedua Ahad, 11 Agustus 2024, kelas digelar di Malang Kota, tepatnya di Panti Asuhan Muhammadiyah Children Center KH Mas Mansyur. Ruangan yang tim pakai  adalah ruangan Aula dengan jumlah  sekitar 23 peserta. Peserta yang hadir adalah  ibu-ibu, mereka mengikuti acara sampai acara selesai, dan setelah acara selesai tim langsung menuju Kota Surabaya, yang ditempuh 2 jam lamanya.  

  
Di hari ketiga, tim melanjutkan kembali pembelajarannya di Kota Surabaya dan kali ini tim bekerja sama dengan mitra, yaitu Yayasan Better Youth Space. Para peserta yang hadir pun dari kalangan anak muda, ada yang mahasiswi, anak punk dan ibu-ibu pensiunan (dua orang). Alhamdulillah, mereka mengikuti sampai akhir pembelajaran. 

 
Di hari ke empat atau hari terakhir Tim berkolaborasi dengan lembaga lain. Acara digelar di Masjid Baitul Muslim . Para peserta yang hadir kurang lebih sekitar 15 peserta. Alhamdulillah, mereka bisa mengikuti acara sampai tuntas. Dalam pelaksanaan training/kelas  IBBQ tersebut para peserta yang mengikuti kelas IBBQ, mendapatkan bingkisan sembako dari program Zakat100% dan juga mushaf Al Quran dari Al Azhar BSD. 

 

Jazakumullah khairan katsiran atas dukungan sahabat melalui Program IBBQ. Semoga setiap jejak kebaikan Sahabat menjadi bekal untuk #PulangDenganBahagia. Selain itu Sahabat juga bisa mendukung program Syiar Dakwah Quran, berkah dukungan sahabat ratusan santri terbantu untuk menimba ilmu di Kampus Cinta Quran Center, dana zakat terbantu tersalurkan, ratusan saudara terlayani pendampingan tahsin Quran hingga pendampingan mualaf terlaksana di Jepang melalui link berikut : https://syafa.at/re-syiar-quran   

 

Update Terkait