Cinta Quran Foundation berkolaborasi dengan DearBlack pada Sabtu, 31 Agustus 2024 menggelar acara seminar Wanita dan Ilmu, bertemakan: ‘Midlife Crisis’ di Balai Sudirman, Jakarta. Acara ini mengundang pakar parenting ternama di Indonesia, yaitu Ibu Elly Risman, Psi  dan menghadirkan sejumlah bintang tamu, di antaranya: Olla Ramlan, Irish Bella dan Shahnaz Haque. Acara ini merupakan yang ke-2 kalinya digelar, setelah tahun sebelumnya juga sukses dilaksanakan.         

 

Latar belakang serta motif acara acara kali ini dilaksanakan, karena problem-problem rumah tangga yang menjadi fenomena miris, seperti kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) misalnya, masih marak terjadi di masyarakat. Dan ternyata kasus KDRT menjadi satu dari banyaknya dampak negatif krisis di usia paruh baya atau midlife crisis. Krisis ini biasa terjadi pada usia 40 hingga 60 tahun. 

 

Bagi seorang wanita, midlife crisis akan sangat berpengaruh terhadap kehidupannya. Seseorang yang mengalami midlife crisis akan tiba-tiba mengalami perubahan mood, sering cemas atau bahkan depresi. Ketidakpastian mengenai arah hidup juga dapat menyebabkan stres dan perubahan dari segi emosional yang berlarut-larut.


Yulia Rachman selaku brand owner DEARBLACK.ID, mengatakan seminar ini cocok untuk wanita di atas usia 40 tahun. “Bunda butuh ini (seminar Wanita dan Ilmu), kenapa? Karena bunda bisa membersamai menantunya bunda, cucunya bunda,” tuturnya.

 

Meski begitu, menurutnya wanita yang belum memasuki usia 40 tahun juga penting untuk belajar. Sebab akan sangat bermanfaat untuk menghadapi tantangan-tantangan usia paruh baya.


“Kan midlife itu untuk yang di atas 40 tahun usianya, nggak juga, kenapa? Karena setiap kita akan melewati midlife, artinya yang sebelum midlife, dia akan masuk ke midlife, tapi ketika dia sudah tahu ilmunya, kita akan menjadi lebih siap saat memasuk midlife,”” tambahnya.

 

Sementara itu, Ibu Elly Risman, Psi menyampaikan bahwa wanita mengalami penurunan hormon estrogen saat usia paruh baya. Hal ini akan menyebabkan kekacauan emosi. Ditambah dengan berbagai masalah kehidupan, seseorang sangat mungkin mengalami pergolakan jiwa.

 

“Banyak sekali orang yang tidak tahu bahwa perubahan hormonal terjadi begitu dengan bertambahnya usia, sebagaimana dulu waktu remaja, paruh baya juga punya krisis,” ujarnya.

 

Alhamdulillah, acara ini mampu menyedot perhatian lebih dari 1.500 wanita yang mendaftar acara ini, bahkan sebagian di antaranya adalah para publik figur. Para peserta belajar langsung dari ahlinya untuk menangani krisis paruh baya. Harapannya, para peserta lebih siap menghadapi tantangan usia paruh baya, sehingga tetap bisa produktif dan menebar manfaat. Aamiin! 

 

Sekilas Tentang Wanita dan Ilmu

 

Wanita dan Ilmu ialah sebuah komunitas yang didirikan oleh brand fashion DearBlack, karya Yulia Rachman. Komunitas ini aktif menyelenggarakan seminar edutainment spektakuler khusus Wanita setiap tahunnya, dengan tujuan untuk memberikan inspirasi, motivasi, dan edukasi seputar keistimewaan wanita. 

 

Pada tahun 2023 lalu, Wanita dan Ilmu menghadirkan psikolog anak dan orang tua, dr. Aisah Dahlan. Demi mengobati rasa haus masyarakat akan edukasi parenting, maka tahun 2024 ini Wanita dan Ilmu mengundang pakar parenting Indonesia, Ibu Elly Risman, Psi dengan pembahasan ‘midlife crisis’.

 

 

 

Update Terkait