Kajian Perkantoran yang digelar pada Sabtu, 1 Juni 2024, pukul 09.00 - 12.00 WIB di Sekola Insantama menghadirkan narasumber Ustaz Abah Ihsan. Dalam Kajian tersebut membahas tema tentang : “Menjadi Orang Tua Generasi Pembebas” berikut isi resumenya:      

 

Kita pernah dengar ya kalau kemajuan suatu bangsa atau negara akan tergantung dari kualitas generasi mudanya sebagai penerus, bukan? Sebuah negara akanmembutuhkan kehadiran generasi-generasi penerus untuk turut serta dalam memajukan dan mewujudkan cita-cita bangsa. Generasi penerus yang diinginkan adalah yang mempunyai prestasi serta dedikasi tinggi untuk turut serta membangun negara. 

 

Melahirkan generasi yang berprestasi tidaklah semudah membalikkan tangan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan hal ini terkait dengan peran serta tugas orangtua untuk memberikan Pendidikan yang baik bagi anak-anaknya. Partisipasi orangtua akan besar pengaruhnya terhadap proses belajar anak dan prestasi belajar yang akan dicapai. 

 

Keluarga adalah lembaga pendidikan pertama dan utama. Dan hal itu akan jadi patokan atau landasan bagi anak nantinya akan menjadi generasi yang berprestasi atau tidak. Sehingga peran serta tugas orangtua untuk mewujudkan hal itu adalah : 

 

1. Orang tua bertugas menjadi motivator. 

 

Anak yang berprestasi tentunya mempunyai niatan belajar yang tinggi. Hal itu bisa terus tertanam pada anak jika mendapat motivasi yang kuat. Motivasi itu dapat diperoleh dari kedua orangtuanya. Pemberian motivasi itu dapat diberikan dengan memberikan perhatian, kasih sayang sehingga anak merasa nyaman dan betah sehingga ketika belajar pun dia akan tenang. 

 

2. Orangtua menjadi teladan. 

 

Orangtua adalah orang terdekat bagi anak. Jadi mereka harus memberikan contoh atau tauladan yang baik. Karena secara tidak sadar anak akan menyerap atau meniru setiap tingkah laku dari orangtuanya. 

 

3. Orangtua menjadi fasilitator. 

 

Orangtua akan mendukung anaknya berprestasi. Sehingga mereka akan menyediakan sarana dan prasarana untuk mencapainya. Hal itu untuk mempermudah anak menjalani proses belajarnya. 

 

4. Orangtua menjadi sumber ilmu dan pengetahuan. 

 

Ilmu yang diterima anak bisa didapat dari berbagai sumber. Salah satunya adalah orangtua. Oleh karena itu orangtua pun harus mempunyai wawasan serta pengetahuan yang cukup luas. 

 

5. Orangtua menjadi koordinator. 

 

Orangtua tentunya juga bertugas untuk mengawasi setiap proses belajar anak. Hal itu bisa dengan cara memastikan anak menggunakan fasilitas yang diberikan dengan benar apa tidak, melihat cara belajar anak apakah sudah tepat atau belum. 

Kelima peran itulah yang bisa orangtua lakukan untuk mencetak generasi penerus yang berprestasi. Tentunya semua itu akan terwujud jika bisa dijalankan oleh mereka dengan baik. Tak lupa selalu meminta petunjuk kepada yang Maha Kuasa adalah hal yang terpenting.  

Update Terkait