Idul Adha adalah hari raya atau hari besar kedua bagi umat Islam setelah hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah menurut kalender Hijriah atau 70 hari setelah hari raya Idul Fitri. Seperti halnya Idul Fitri, umat Islam juga melaksanakan salat sunnah Idul Adha bersama-sama di masjid atau tanah lapang. Hari raya Idul Adha merupakan puncak ibadah haji, dimana jutaan umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di Mekkah untuk melakukan rangkaian ibadah yang menjadi rukun Islam kelima ini.

 

Alhmadulillah tahun ini Idul Adha bertepatan dengan hari Ahad, 16 Juni 2024. Termasuk di Ma’had Cinta Quran Center (CQC), para mahasantri-mahasantriwati, asatiz, pengurus Ma’had dan masyarakat sekitar Ma’had hadir di lapangan Ma’had CQC di Bintaro Sektor 9, untuk melaksanakan salat Id. Sekitar 400 jamaah memadati halaman Ma’had CQC. 

 

Seluruh jamaah tampak khusus dan khidmat menjalankan proses salat id, Shalih seorang mahasantri angkatan 3 bertugas sebagai imam, sementara Ilham Ibnu Aqil mahasantri angkatan 2 sebagai khatib.

 

Dalam khutbahnya, Ilham Ibnu Aqil mengangkat tentang peristiwa kelam genosida yang dilakukan Zionis Israel terhadap umat Islam di Gaza, dengan tema: “Menolong Dunia dengan Menjaga Gaza” 

 

Dalam Khutbahnya Ilham Ibnu Aqil  mengatakan bahwa kejadiaan saat ini di Gaza – Palestina adalah aib bagi kemanusiaan dunia. Ia menekankan bahwa umat Islam tidak bisa bergantung pada PBB, negara barat, atau sistem yang ada saat ini. Mengutip ayat Al-Quran yang melarang umat Islam menjadikan orang kafir sebagai penolong (pemimpin) diantara orang-orang mukmin.  

 

Ilham mengajak umat Islam untuk bersatu di bawah syariat Islam berjuang untuk memerdekakan Palestina.

 

“Konflik di Palestina adalah sebuah aib bagi kemanusiaan! Kita tidak bisa bergantung pada PBB dan negara barat serta sistem yang tengah berjalan hari ini. Sesuai firman Allah, Janganlah orang-orang yang beriman menjadikan orang-orang kafir sebagai penolong (pemimpin) melainkan orang-orang yang beriman. Umat Islam harus bersatu dengan syariat Islam untuk memerdekakan Palestina,” tegasnya dengan lantang.

 

Alhamdulillah, rangkaian ibadah salat dan khutbah Idul Adha 1445 H di Ma’had CQC berlangsung dengan khidmat dan lancar. Setelahnya, suasana kebersamaan semakin terasa dengan adanya sesi makan bersama dan kunjungan ke fasilitas Ma’had CQC. Momentum Idul Adha ini tidak hanya memperkuat iman, tetapi juga mempererat tali silaturahmi di antara jamaah. Aamiin!

 

 

---------------------------------------------------

LAST CALL‼️

Qurban Indonesia masih dibuka sampai tanggal 16 Juni 2024 pukul 21.00 WIB

Qurban Palestina & Uganda telah ditutup🙏🏻

 

Syukron jazakumullah bagi sahabat yang sudah ikut berpartisipasi dalam Ibadah Qurban bersama #AmazingQurban

Masih saat ada kesempataran raih 1 amal 2 pahala dengan berqurban di Amazing Qurban:

BCA   7380 7250 40
BSI    706 8346 940
an. Cinta Quran Global

 

Atau Kunjungi :
syafa.at/amazingqurban

CS : 0811-1250-6281 (Tri)
 

Update Terkait