Tampak terlihat keceriaan dan kebahagiaan dari raut wajah warga Dusun Sirua Monga, Desa Saibi Samukop, Kecamatan Siberut Tengah – Kabupaten Kepulauan Mentawai, usai mereka mendapatkan daging qurban sapi, dari Amazing Qurban pada Senin, 17 Juni 2024.

 

Penerima manfaat di Dusun ini, merupakan para mualaf yang bekerja sebagai petani coklat, pisang dan yang lainnya. Yang secara ekonomi mereka hidup prasejahtera, hanya mengandalkan hasil dari pertanian kebun coklat dan pisang saja. 

 

Meskipun pertaniannya cukup produktif, namun daya jualnya masih terlalu rendah/murah untuk mereka. Seperti panen pisang misalnya dijual 1 Kg  3000 rupiah saja, dengan proses harus dijual jauh dari dusunnya yang harus ditempuh 3 jam lamanya, melalui pompom (sampan kecil),  yang dibawa dari dusunnya ke Muara Siberut, di Kecamatan Siberut Selatan. 

 

Menurut Wahyu Indra Purnama, Tim Amazing Qurban di Kepulauan Mentawai mengungkapkan pelaksanaan qurban di Dusun Sirua Monga ini sangatlah tepat sasaran. Karena para penerimanya adalah para mualaf yang secara ekonomi hidup prasejahtera yang memang layak mendapatkannya.  

 

“ Mereka sangat bahagia mendapatkan daging qurban ini, yang jarang sekali mereka dapatkan,” tuturnya. 

 

Hal tersebut selaras dengan respon Abdul Halim (44 tahun) salah seorang warga Dusun Sirua Monga, Ia mengucapkan banyak terimakasih kepada pequrban (sohibul qurban) yang mau berqurban jauh-jauh ke kampungnya. Ia pun berterus terang ingin sekali berjumpa langsung dengan pequrbannya dan langsung ucapkan terimakasih.

 

“ Saya hanya makan daging sapi 1 tahun sekali, ya pas qurban sekarang ini. Alhamdulillah 1 sapi untuk qurban di kampung saya membuat kami warga kampung bahagia,” ungkapnya penuh haru. 

 

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan daerah yang rutin disasar implementasi qurban Amazing Qurban setiap tahunnya. Kabupaten ini adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, berada di luar dari wilayah pulau Sumatera, yang terdiri atas empat pulau utama. 

 

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan sebuah kabupaten yang berbentuk kepulauan yang terletak memanjang di lepas pantai barat pulau Sumatra dan dikelilingi oleh perairan Samudra Hindia di semua sisi.

 

Semoga Program Amazing Qurban tahun berikutnya jumlah hewan qurban serta para sohibul qurbannya bisa lebih banyak lagi, sehingga bisa menyasar lebih banyak lagi warga yang membutuhkan mendapatkan daging qurban dari Amazing Qurban ini, aamiin! 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Update Terkait