Sekitar sepekan lalu, tepatnya pada  Jumat – Sabtu, 20-21, September 2024, alhamdulillah Cinta Quran Foundation melalui Tim Do-Nation melakukan kegiatan trauma healing. Sekaligus menyalurkan bantuan dari mitra Cinta Quran Foundation  yaitu PT. Pertamina  untuk   masyarakat yang terdampak (penyintas) gempa Bandung dan sekitarnya, yang tinggal di pengungsian sementara di dua lokasi, di wilayah Cihawuk dan Cibeureum – Kabupaten Bandung.   

 

Menurut Pepen Suherman (Tim Do-Nation) Kegiatan trauma healing ini, untuk meringankan duka dan trauma bagi masyarakat yang terdampak. 

 

“Banyak rumah mereka hancur tidak bisa ditempati dan masyarakat yang rumahnya hancur dan masih terpikir saat  gempa terjadi, sehingga mental masyarakat terganggu dan Tim Do-Nation memberikan sedikit pemahaman tentang sabar, ketika diberikan ujian dan kembali melakukan aktivitas ke rohanian seperti salat, mengaji dan yang lainnya,” ungkapnya.     

 

Pepen menambahkan para penyintas saat diberikan asupan seperti trauma healing masyarakat lebih tenang dan gembira, dan Tim Do-Nation tidak hanya memberikan materi ilmu agama saja, namun  juga memberikan bantuan untuk kebutuhan selama di posko, seperti makanan siap saji, herbal, obat-obatan, dan yang lainnya.  Sekitar 100 paket didistribusikan untuk mereka.      

 

Tidak hanya itu, Tim Do-Nation juga mensupport  anak-anak yang terdampak  di pos pengungsian dengan memberikan sejumlah mainan, seperti boneka, sandal, alat tulis dan mainan anak-anak lainnya, selain itu juga buku-buku dan sejumlah Al Quran digital.  

 

Seperti kita tahu sebelumnya, pada Rabu, 18 September 2024, tepatnya pukul 09.41 WIB, telah terjadi bencana gempa  di dua  Kabupaten, yaitu Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung.  

 

Di Kabupaten Bandung terdapat 4 kecamatan yang terdampak, sedangkan di Kabupaten Garut 3 kecamatan yang terdampak. Titik lokasi yang paling parah berada di wilayah Kabupaten Bandung, yaitu di Kecamatan Kartasari, Desa Cibeureum, daerah ini merupakan pusat lokasi utama terparah.  

 

Ada lebih 10.273 KK dan 39.824 jiwa terdampak di wilayah Kabupaten Bandung dan saat ini para pengungsi di tenda ada 9.229 orang, sedangkan untuk rumah terdampak 4.714 rumah, sarana pendidikan 91 bangunan dan tempat ibadah meliputi pondok pesantren, mesjid dan mushola ada 96 titik yang rusak dan terdampak, sedangkan korban jiwa (meninggal dunia) 1 balita.   

 

Jazakumullah khairan katsiran atas dukungan sahabat. Semoga setiap jejak kebaikan sahabat menjadi bekal untuk #PulangDenganBahagia. Selain itu sahabat juga bisa mendukung program-program kemanusiaan Cinta Quran Foundation melalui program Do-Nation di link berikut ini : https://syafa.at/re-donation

 

 

Update Terkait