Cinta Quran Foundation melalui Program Zakat100% pada Sabtu, 6 Juli 2024, pukul 9.00 – 12.00 WIB, menggelar Cinta Quran Peduli Pendidikan; Bersama Pahlawan Pendidikan Selamatkan Anak Bangsa Selamatkan Negeri . Acara ini berupa edukasi dan penyaluran zakat (santuan uang dan sembako) untuk para guru honorer. Sejumlah 100 Guru honorer di wilayah Bogor dan sekitarnya menjadi peserta dari acara ini. Acara digelar di Masjid Al Muslimun, di Jl. Kresna Raya No.16, RT.05 / RW.15, Bantarjati, Kec. Bogor Utara - Kota Bogor.  

 

Acara ini digelar menyikapi fenomena merebaknya pinjaman online (pinjol) dan judi online (judol). Yang sangat memprihatinkan adalah pelaku mayoritas justru di kalangan generasi muda dan pelajar!               

 

Menurut laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah rekening penerima pinjol aktif berusia 19-34 tahun mencapai 10,91 juta penerima, dengan nilai pinjaman sebesar Rp26,87 triliun pada Juni 2023. Dilihat tren ke belakang, jumlah penerima pinjol ini meningkat 2,6%, dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 6,32 juta penerima. Jumlahnya juga naik 25,9%, dibandingkan setahun sebelumnya sebanyak 8,67 juta penerima, (sumber: Indonesiabaik.id).

 

Sedangkan fenomena memprihatinkan judol berdasarkan data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), sejak awal 2023 hingga saat ini, total angka transaksi masyarakat Indonesia dalam judol sudah mencapai angka Rp 200 triliun. Angka ini meningkat fantastis di banding tahun periode 2017 hingga 2022, total transaksi judol 190 triliun. Ada lonjakan luar biasa tinggi sejak memasuki 2023 ini. 

 

Fenomena tersebut semakin miris, karena judol mulai marak di kalangan mahasiswa dan pelajar. Pada beberapa kasus, ditemukan mahasiswa yang terjerat pinjol juga menggadai aset orang tua demi bermain judol. Hal itu terjadi karena faktor lemahnya keimanan anak muda terkhusus para pelajar/mahasiswa.       

 

Menurut Bobby Kurniawan, General Manager Cinta Quran Foundation  kualitas keimanan seseorang bukanlah suatu yang diwariskan, namun hanya bisa didapatkan melalui proses pendidikan. Hal itulah menurutnya yang mendasari acara ini digelar. 

“Memuliakan guru merupakan adab untuk mendapatkan keberkahan ilmu,” tegasnya. 

 

Ustaz Iwan Djanuar menjadi narasumber  membersamai  100 para pahlawan pendidikan (guru honorer) sebagai upaya menyelamatkan anak bangsa dan negeri ini dari bahaya pinjol dan judol. Diharapkan para peserta yang hadir mampu menerapkankan nilai-nilai keimanan dasar untuk kehidupan sehari hari, hingga edukasi ini bisa disampaikan kepada siswa-siswi di sekolahnya masing masing. Acara ini juga dihadiri Niko dari Dinas Pendidikan Kota Bogor.

 

Pemantapan keimanan menjadi kunci utama dari fenomena maraknya pinjol dan judol. Salah satu pemantapan tersebut adalah  Amazing Muharram. Kegiatan ini merupakan  event tahunan Cinta Quran Foundation yang terus bertransformasi untuk menyajikan ilmu, data, fakta, dan inspirasi dari Quran yang membantu setiap peserta menemukan versi terbaik mereka dalam perubahan diri termasuk peningkatan keimanan. 

 

“Amazing Muharram akan melatih keimanan kita, dan merupakan ajang untuk meraih keberkahan ilmu dari para guru,” tutur Boby   

 

Tahun ini perhelatan Amazing Muharram merupakan tahun ke 13, yang akan digelar pada hari Ahad, 14 Juli 2024, pukul 08.00 - 15.30 WIB, di Ritz-Carlton Pacifik Place Jakarta dengan tema yang diusung:: The Faith (Believe, Surrender, dan Unstoppable).

Update Terkait