Mata Kuliah Kemuslimahan adalah salah satu dari banyak ragam mata kuliah yang ada di Ma’had Cinta Quran Center (CQC) . Mata Kuliah ini membahas seputar hal-hal yang berkaitan dengan Muslimah. Sebagai contoh membahas terkait peran muslimah ideal dengan perannya sebagai Ibu pendidik generasi emas, yang bukan hanya disibukkan dengan urusan rumah apalagi sibuk dengan karir, hingga melupakan peran sesungguhnya. 

 

Pada pekan tenang pra UAS di hari Rabu (19/06/24), mahasantriwati Ma’had CQC angkatan 3 melaksanakan praktek membuat MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk anak usia 6-8 bulan. Praktik ini dibimbing oleh salah satu dari dosen Ma’had CQC yang mengampu mata kuliah Kemuslimahan, yakni Ustazah Rizki Utami Handayani, S.ST. Praktikum ini bertempat di Cafetaria yang dimulai pada pukul 08.30 WIB - selesai.  

 

Mahasantriwati Ma’ahad CQC angkatan 3 dibagi menjadi tiga kelompok diantaranya, kelompok MPASI usia 6 bulan (homemade), MPASI usia 8 bulan (homemade), dan MPASI instan untuk usia 6-8 bulan. Masing-masing kelompok memulai setiap step by step nya. 

 

Kelompok MPASI 6 bulan membuat makanan utama bayi yang berbahan dasar nasi, brokoli, udang, tahu, dan sedikit bumbu. Untuk makanan cemilan atau pendamping, kelompok ini membuat pure yang berbahan dasar buah naga yang dihaluskan, kemudian ditambahkan dengan sedikit susu formula. Ciri khas dari MPASI 6 bulan ini adalah terletak pada tekstur 

 

MPASI nya yang halus. Sedangkan kelompok MPASI 8 bulan, mereka membuat makanan utama bayi berbahan dasar nasi, tahu, ayam, brokoli, wortel, dan sedikit keju. Untuk makanan pendampingnya, kelompok ini membuat stik kentang yang berbahan dasar kentang, wortel, keju, tepung maizena, dan sedikit seledri. Kelompok ini juga menambahkan makanan pendamping bayi berupa buah naga yang dipotong-potong memanjang sebagai bentuk melatih motorik anak usia 8 bulan. Ada pun ciri khas dari makanan MPASI usia 8 bulan dengan teksturnya yang cenderung kasar. 

 

Untuk kelompok instan, mereka mempersiapkan makanan utama, makanan pendamping instan, serta cemilan instan untuk usia 6-8 bulan. Beberapa makanan bayi yang telah dipersiapkan adalah bubur tim, kue kering, mie instan, bubur instan rasa pisang, dan berbagai macam makanan instan bayi. Kelompok makanan instan bayi ini, mungkin cenderung mudah membuatnya. Seperti membuat bubur tim instan hanya dengan menambahkan air panas sesuai takaran yang tertera dalam kemasan. 

 

Sampailah mahasantriwati Ma;had CQC angkatan 3 menyelesaikan masakannya. Mereka pun mengumpulkan setiap menunya di atas meja yang berada di depan Ustazah Rizki. Beliau pun menyampaikan beberapa hal, seperti koreksi tekstur MPASI, rasa MPASI, beberapa tips dan trik mengenai MPASI. Selepas itu, Beliau mencoba satu makanan MPASI dan menyerahkan kepada mahasantriwati yang duduk melingkar untuk mencicipi sedikit dari MPASI yang telah dibuat. Begitu seterusnya hingga semua menu habis. 

 

Kesan dan pesan salah satu mahasantriwati angkatan 3 bernama Risma Melati: “Alhamdulillah bahagia sekali bisa mengikuti praktek memasak MPASI bersamaUstadzah Rizki. Dengan adanya praktek ini jadi lebih kebayang praktek memasak MPASI seperti apa. Guna mempersiapkan generasi sehat dan kuat di masa depan. Saya merasa bahwa ilmu ini sangat penting bagi calon ibu. Karena ilmu ini akan selalu terpakai nantinya ketika menjadi seorang ibu,” 

 

Forum ini ditutup dengan foto bersama Ustazah Rizki. Mengingat ini adalah forum terakhir mata kuliah Kemuslimahan bersama Ustazah Rizki.  

 

Semoga perlindungan Allah senantiasa menyertai Beliau, dan keberkahan ilmunya senantiasa meliputi mahasantriwati. Semoga kedepannya mahasantriwati dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diberikan di Ma’had CQC demi mewujudkan kebangkitan umat muhammad. Aamiin…!  

 

 

---------------------------

Yuk, Bantu Para Mahasantri/wati Calon Da'i Quran, Melalui Program Orangtua Asuh Ma'had Cinta Quran Center (CQC):

 

BSI 777 419 621 2


BCA 7380 7250 31
 

Mandiri 133 00 202 717 48

 

a.n. YAYASAN CINTA QURAN GLOBAL

Update Terkait