Pada hari Senin - Selasa 27 – 28 Juni 2024 selepas salat Isya seluruh mahasantri berkumpul di Aula Ma’had Cinta Quran Center (CQC) untuk menghadiri Forum Bahtsul Masail edisi XXII, yang sudah menjadi kurikulum kampus ini. Tema Bahtsul Masail kali ini: “Nikah Beda Agama Atas Nama Kesucian Cinta dan Kasus KDRT dalam Pernikahan” yang dipresentasikan oleh Angkatan 2 Ikhwan dan Akhwat. 

 

Bahtsul Masail adalah forum pembahasan terkait fakta yang ada di tengah-tengah masyarakat untuk digali dan dikritisi akar masalah sekaligus solusi yang tepat terkait fakta tersebut. Forum ini ditampilkan oleh empat orang perwakilan dari setiap kamar ikhwan dan akhwat. Adapun waktu yang diberikan untuk mempersiapkan sekaligus pembuatan makalah adalah dua minggu sebelum penampilan. 

Pada hari pertama adalah penampilan kelompok ikhwan dan akhwat untuk memperesentasikan hasil diskusi mereka selama dua minggu. Juga pertanyaan dan respon dari para penguji untuk kedua kelompok terkait hasil presentasinya.  

 

Di hari Selasa atau hari kedua adalah forum tanya jawab terkait presentasi sebelumnya oleh mahasantri, penguji, ustadz/ah, dan para hadirin yang menyaksikan via online.  

 

Pada prinsipnya, diadakannya forum ini untuk melatih keberanian mahasantri dalam menyampaikan pada forum terbuka, sebab diadakan live streaming pada channel youtube Cinta Quran Center. Tidak hanya itu, mahasantri dilatih untuk menjadi muslim/ah yang kritis dalam menghadapi problem yang ada serta mengembalikan semuanya kepada syariat Islam. 

 

Dengan adanya forum ini, insyaa Allah kebaikan tersebar di tengah-tengah masyarakat, sehingga masyarakat tahu hukum dan sikap yang sepatutnya diambil dalam memandang problem tersebut. Tentu menggunakan kacamata Islam. Semoga setiap langkah dan ucapan yang keluar dari pada lisan, senantiasa Allah bombing sehingga mampu menorehkan kebaikan bagi orang-orang disekitar kita, bahkan umat diluar sana. Semoga Allah istiqomah kan selalu dalam jalan kebaikan, aamiin!   

 

Update Terkait