Tim Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) hari ini Jumat, 2 Agustus 2024 berangkat ke Kepulauan Mentawai – Sumatera Barat. Tim akan menggelar training /kelas selama sepekan sampai Jumat, 9 Agustus 2024. Training IBBQ kali ini merupakan implementasi dari dana Amazing Qurban dan Amazing Muharram yang sukses dilaksanakan Cinta Quran Foundation.  

 

Tim IBBQ akan menempuh perjalanan yang cukup panjang, dari Bandara Minangkabau ke Bungus melalui  perjalanan darat 1 jam. Dari Pelabuhan Bungus untuk menuju pulaunya saja (Siberut Selatan) Tim harus naik kapal selama 10 jam perjalanan! 

 

InsyaaAllah, Tim akan sampai di pulau tersebut besok di waktu shubuh, sekitar pukul 05.00 WIB. Tak cukup disitu, dari Siberut Selatan, sekitar pukul 07.00 WIB (pagi), tim akan menyeberang ke Pulau Siguluguluk, naik kapal bot selama 1,5 jam.  

 

Mereka rencananya akan menggelar 2 kelas IBBQ disana, untuk para mualaf dan saudara muslim di pulau tersebut. Keesokan harinya, Tim akan berangkat ke Pulau berikutnya, yakni Pulau Saliguma dengan bot untuk pengadaan 2 kelas IBBQ. Kemudian esok harinya, berangkat dari Pulau Saliguma ke Saiby Muara naik bot selama 2 jam lamanya  untuk menggelar 2 kelas IBBQ. Terakhir esok harinya, dari Saiby Muara ke Pulau Simoelala, naik bot lagi selama 1 jam untuk melaksanakan  2 kelas IBBQ disana.

 

Jalur perjalanan kali ini berbeda dengan tahun lalu, yang merupakan jalur sungai. Untuk jalur kali ini tim akan melewati jalur laut, untuk berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya. 

 

Tantangan yang akan dihadapi selain transportasi seperti tahun sebelumnya, yaitu terbatasnya aliran Listrik, aliran Listrik hanya ada di malam hari saja, di siang harinya tidak ada listrik. Hal itu menyebabkan pelaksanaan kelas pun kesulitan menggunakan proyektor, karena butuh genset yang biayanya disana cukup mahal. Di tahun lalu, Tim pernah menggunakan genset hingga keluar asap, benar-benar perjalanan ini penuh perjuangan dan tantangan! 

 

Kita doakan Tim IBBQ bisa menyampaikan amanah edukasi Al Quran dari para donaturnya, untuk berjuang memberantas buta aksara Al Quran untuk masyarakat muallaf  Mentawai di sana. 

 

Semoga perjuangan menghantar hidayah Quran bagi saudara kita hingga ujung Indonesia ini, Allah berikan kemudahan, perlindungan dan hujjah terbaik di sisi Allah kelak. Aamiin! 

Update Terkait