700 Muslim melaksanakan salat Idul Adha di Kayaba Park, Senin (17/6) yang umumnya terdiri dari warga Indonesia, warga asing yang tinggal di lingkungan sekitar seperti warga Bangladesh, maupun warga lokal Jepang turut hadir memadati taman. 

 

Merupakan kali kedua dilaksanakannya salat di taman ini, setelah diadakan juga salat Idul Fitri April lalu, oleh para pengurus Masjid Ash-Sholihin Yokohama. 

 

Berbeda dengan salat Idul Fitri, salat Idul Adha kali ini diwarnai dengan berbagai kegiatan tambahan yang disiapkan untuk para jamaah masjid berupa bazar makanan, bazar pakaian sekaligus memperkenalkan baju muslim dan muslimah kepada warga Jepang, seni kaligrafi yang ditulis langsung oleh orang Jepang non muslim, Manasik Haji untuk anak, hingga berbagi sayur gratis pun menjadi salah satu kegiatan tambahannya yang meramaikan kegiatan ibadah salat Idul Adha 

Tak hanya momen bahagia, momen haru juga tercipta kala salah seorang warga lokal Jepang berusia 76 tahun, atau yang akrab disapa nenek Harumi mengikrarkan 2 kalimat syahadat dipandu oleh Marbot sekaligus ketua DKM Masjid Ash-Sholihin Yokohama Pak Arief Junaedi, setelah sebelumnya mencoba mengenakan gamis dan jilbab dibantu oleh panitia. “Seumur hidup baru pertama kali saya pakai baju dan penutup kepala seperti ini, saya sangat bahagia,” ungkapnya  

 

Mencicipi sate yang juga menjadi makanan halal khas Indonesia yang dicicipi pertama kali membuat Nenek Harumi merasa bahagia, keputusannya menjadi seorang muslimah membuatnya juga mendapat banyak pelukan dan sambutan hangat dari seluruh panitia dan marbot masjid Ash-Sholihin Yokohama. 

 

 “Semoga masjid segera berdiri, dan sering mengadakan kegiatan yang seru seperti ini untuk para jamaah,” ungkap seorang jamaah yang rela menempuh jarak 2 jam perjalanan kereta listrik untuk sampai di taman. 

 

Masjid yang belum memiliki bangunan fisik, tapi telah dalam memberi kesan bagi para jamaah, baik Muslim Indonesia maupun warga asing lain termasuk warga lokal Jepang. 

 

 

-------------------------------

Mari dukung pembangunan Masjid Indonesia pertama di Yokohama dengan ikut berwakaf melalui:

BSI 777 419 666 2

BCA : 0953 6130 31

a.n. YAYASAN CINTA QURAN GLOBAL

Update Terkait