Sejumlah 127 Mahasantri Ma’had Cinta Quran Center (CQC) pada Senin, 24 Juni 2024 tengah melaksanakan Ujian Akhir Semester Genap, yakni semester 2 untuk angkatan ketiga dan semester 4 untuk angkatan kedua. Ujian dilaksanakan dengan metode ujian tulis di kelas masing-masing,  dimulai pukul 08.00 WIB dengan durasi 90 menit. Dalam Ujian Akhir Semester Genap ini akan ada satu mata kuliah yang akan diujikan setiap harinya, selama 2 pekan. 

 

Di hari pertama ujian ini, mata kuliah yang diujikan adalah Musthalah Hadits yang diampu oleh Ustaz R Ageung Suriabagja, S.H.I., M.Ag. (untuk angkatan 3). Materi yang diujikan adalah matan (isi) dari kitab Manzhumah al-Baiquniyah ujian dilaksanakan secara open book. 

 

Para mahasantri angkatan 3 sudah menyiapkan ujian jauh hari dengan menghafalkan matan Manzhumah al-Baiquniyah. 

“Meskipun open book, ujian tetap terasa menantang, karena yang diujikan adalah pemahaman kita mengenai matannya,” tutur Muhammad Naufal, salah satu mahasantri Ma’had CQC Angkatan 3.

 

Sedangkan angkatan 2, mereka melaksanakan ujian Qawaid as-Syar’iy, mata kuliah yang diampu oleh Ustaz Agus Salim, Lc. 

“Ujiannya gampang soalnya esai-nya sedikit,” ungkap Fatih, mahasantri angkatan 2 sesaat setelah ujian selesai dilaksanakan. “Materinya emang sedikit, tapi pembelajarannya asik karena lebih banyak diskusi dan kritik, jadi ujiannya terasa gampang karena udah terbiasa,” lanjutnya.

 

Selain itu, mahasantriwati juga melaksanakan ujian mereka. Angkatan 3 mengikuti ujian Fikih Maudhu’i, sementara angkatan 2 mengikuti ujian Sharaf. Kedua ujian ini berjalan dengan lancar, dengan para mahasantriwati menunjukkan persiapan yang matang dalam menghadapi tantangan akademik mereka.

 

Ujian berjalan dengan lancar tanpa kendala. Momen ujian ini, selain menguji pemahaman mahasantri dalam implementasi mata kuliah yang dipelajari di bangku kuliah, juga mempererat ukhuwah mereka dalam kegiatan belajar bersama.

 

 

---------------------------

Yuk, Bantu Para Mahasantri/wati Calon Da'i Quran, Melalui Program Orangtua Asuh Ma'had Cinta Quran Center (CQC):

 

BSI 777 419 621 2


BCA 7380 7250 31
 

Mandiri 133 00 202 717 48

 

a.n. YAYASAN CINTA QURAN GLOBAL

 

Update Terkait