Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia karena di dalamnya terdapat malam diturunkannya Al-Quran kepada Rasulullah SAW. Tepat pada tanggal 27 Maret 2024, Ma’had Cinta Quran Center (CQC) mengadakan acara Nuzulul Quran yang bertempat di Masjid Al Fatih, pada pukul 16.00 - 21.00 WIB selepas menjalankan salat tarawih. 

 

Acara ini dihadiri oleh para asatiz dan ustazat serta seluruh Mahasantri Ma’had CQC. Forum ini dibuka dengan penampilan hadroh dari Mahasantri. Dilanjutkan dengan penampilan Akafatih atau Acapella Mahasantri Ma’had CQC. Masuk pada acara selanjutnya yakni acara  talk show bersama para dosen Ma’had CQC diantaranya Ustaz Raden Ageung Suriabagja,M.Ag,  Ustaz Agus Salim,LC  dan Ustaz Muhammad Gustar Umum,S.S,LC yang dipandu oleh salah satu Mahasantri.

 

Seluruh Mahasantri Cinta Quran Center sangat antusias menyimak acara sejak awal hingga akhir. Tak terasa waktu buka puasa tinggal menghitung menit. Sebelum buka puasa, acara selanjutnya diisi dengan Rotibul Haddad oleh Mahasantri. Seluruh Mahasantri turut serta mengikuti lantunan Rotibul Haddad sembari menunggu adzan berkumandang. Tak lama Rotibul Haddad pun selesai dan adzan maghrib berkumandang, akhirnya seluruh Mahasantri berbuka puasa dengan menu buka yang telah disediakan. Acara memperingati Nuzulul Quran ini diadakan juga via online melalui live YouTube Cinta Quran Center.  

 

Seluruh mahasantri melaksanakan salat magrib, makan malam, dan melaksanakan salat isya' serta tarawih berjamaah di Masjid Al Fatih. Setelah salat tarawih, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Mudir Ma’had CQC yaitu Ustaz Irfan Abu Naveed,M.Pd. Beliau banyak sekali menyampaikan pesan akan momen yang sangat penting ini. 

 

Nuzulul Qur'an bukanlah moment tahunan yang semua orang memperingatinya, namun momentum ini adalah pengingat kepada seluruh manusia untuk memaknai Al-Quran sebagai bacaan tilawah saja, namun urgensi untuk menerapkannya di tengah-tengah umat sehingga terwujudlah Rahmat bagi seluruh alam. 

Update Terkait