Pada hari Senin (24/06) adalah hari pertama mahasantriwati menjalankan UAS (Ujian Akhir Semester). Dengan ujian UAS, mahasantriwati angkatan II akan melanjutkan perjuangannya selanjutnya. Sama halnya dengan angkatan III yang akan melanjutkan perjuangan untuk menyusun naskah KTI di semester 3 yang tak terasa sebentar lagi menghampiri. UAS ini dilaksanakan selama dua pekan. 

 

Tepat pada pukul 09.00 WIB mahasantriwati memasuki ruang kelas untuk melaksanakan UAS. Pada hari pertama, mahasantriwati angkatan III menjalankan ujian Matkul Nidhom Ijtima'i. Mata kuliah ini membahas terkait bagaimana perempuan dan laki-laki itu bergaul, berinteraksi, siapa saja yang mahrom dan tidak, serta banyak hal lainnya. 

 

Beberapa menit berlalu, Ustazah Ziyadah yang bertugas untuk mengawasi kelas Angkatan III memasuki ruangan. Ustazah pun membagikan lembar jawab kepada seluruh mahasantriwati. Setelah semua mendapatkan lembar jawab, Ustazah pun memberikan secarik kertas absen untuk diisi sebagai bukti kehadiran. 

 

Tak menunggu lama, Ustazah pun menampilkan file soal ujian melalui infocus. Mahasantriwati pun mulai menjawab soal demi soal yang ada. Kelas hening untuk beberapa saat. Setiap mahasantriwati tampak sangat fokus mengerjakan soal-soal yang ada. 

 

Pada pukul 10.15 WIB, satu persatu mahasantriwati mulai keluar meninggalkan kelas. Itu artinya, mahasantriwati telah menyelesaikan ujian mata kuliah ini. Batas waktu yang diberikan setiap mata kuliah, selama dua jam lamanya. Dan tibalah pada pukul 11.00 WIB, selesailah UAS di hari pertama. 

 

Semoga apa yang telah dipelajari tidak hanya bisa menjawab soal dalam ujian, namun benar-benar menjadi pemahaman setiap mahasantriwati, sehingga ilmu yang telah didapatkan menjadi manfaat dalam kehidupan.  

Update Terkait