Sebulan 2 kali setelah menunaikan ibadah salat Jumat dan sajian Jumat berkah, kami jamaah masjid belajar bahasa Jepang bersama oleh volunter asli orang Jepang. Beliau adalah Takahashi San, salah satu pengurus dari NPO Kirigaoka Plat Home. Kami juga sering berkolaborasi bersama lembaga ini dalam hal pengenalan budaya Indonesia, mulai dari kostum adat, masakan nusantara yang halal, sampai mengenalkan Quran terjemahan karya Sugimoto Sensei. 

 

Kami juga mendukung program yang mereka adakan seperti memperkenalkan warga asing yang tinggal wilayah Yokohama ke beberapa Universitas. Tentu ini sebuah kolaborasi yang menarik bahwa kami warga asing diakui keberadaannya dan turut berkontribusi dalam lingkungan sosial, budaya dan masyarakat. Salah satu kontribusi mereka adalah menopang ilmu bahasa Jepang menjadi jauh lebih baik lagi.   

 

Sekitar 30-60 menit belajar bahasa Jepang bersama warga asli orang Jepang sungguh menarik, karena selain mendapatkan ilmu bahasa baru juga sekaligus bisa berkonsultasi atau sharing terkait dakwah Islam. Beliau (Takahashi san) pernah juga ikut-ikutan salat Jumat sampai salat sunnah bersama kami, padahal tidak ada satupun jamaah kami yang meminta Beliau salat. Maka ini adalah peluang besar, Islam diterima baik dan berkembang di Jepang. 

Update Terkait