Salah satu penerima manfaat Program Zakat100% adalah Mak Ciah warga Kampung Pasir Doton, Desa Pondok Kaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Ia saat ini berumur 59 tahun dan sudah tidak mempunyai suami (single parent) sejak 12 tahun lalu karena meninggal dunia. Kebutuhan sehari-hari Ia hanya mengandalkan belas kasih para tetangga dan salah satu anaknya yang sudah menikah.  

 

Sedangkan anaknya pun serba keterbatasan dalam hal ekonomi atau kebutuhan sehari-hari. Di rumah yang hampir tidak layak itu Mak Ciah tinggal, namun Ia tidak sendiri. Mak Ciah hidup bersama seorang cucu yang masih sekolah dan cucunya sengaja tinggal bersama neneknya, supaya ada yang menemani ketika Mak Ciah perlu sesuatu. Di samping itu. Mak Ciah sering sakit-sakitan, maka perlu ada yang menemeni, maka di temeni seorang cucuknya.  

 

Mak Ciah ini tak mempunyai penghasilan tetap, harian atau mingguan, jadi penghasilan nya hanya betul-betul mengandalkan dari anaknya dan para tetangga yang dekat. Dan para tetangganya suka memberikan makanan atau bahan mentah untuk dimasak seperti beras, ikan dan lainnya.    

 

Lokasi rumah Mak Ciah ada dalam gang hanya kendaraan motor saja yang boleh masuk itu pun motor hanya bisa lewat saja, karena jalannya benar-benar sangat sempit. Walaupun rumahnya kecil dan sempit, namun Mak Ciah tetap bersyukur masih bisa di tempati dan rumah inilah satu-satunya warisan dari suaminya yang sudah meninggal, namun naas, pada tgl hari Minggu 25 Februari 2024 pada pukul 15:00 WIB, tembok  rumah Mak Ciah hancur.  

 

Setengah rumah Mak Ciah hancur itu, diakibatkan sudah berpuluh-puluh  tahun tembok nya belum diganti. Sehingga rumah yang hanya berukuran kecil ini,  bisa terlihat semua isi di dalam dari luar.   

 

Alhamdulillah, pada saat itu posisi Mak Ciah lagi di luar, sedang meminta nasi ke tetangga, sehingga Mak Ciah selamat dan tidak terjadi apa-apa.   

 

Derita Mak Ciah bukan hanya sedih saja melihat kondisi rumahnya yang hancur, akan tetapi sedih memikirkan rumah yang sudah tidak layak lagi. Ia bingung mau tinggal di mana? sedangkan anaknya saja rumahnya kecil dan sengaja cucunya tinggal di sini juga.  

Update Terkait